Ilustrasi workcation/Net
Ilustrasi workcation/Net
KOMENTAR

BEKERJA dengan suasana beda dianggap lebih menyenangkan dari biasanya. Apalagi buat Generasi Z yang senang sekali mencoba hal-hal baru, bekerja sambil berlibur tentu saja terlihat sangat menyenangkan.

Sebutannya workcation atau workoliday, yaitu kegiatan bekerja sekaligus menikmati liburan. Bentuk teknisnya sendiri bermacam-macam, ada yang bekerja sambal berjemur di pantai, ada juga yang meeting sambal staycation di hotel.

Terlihat menyenangkan, ya. Tapi nyatanya, untuk sebagian orang cara tersebut dapat membuatnya tidak fokus. Sebagian pikiran sibuk mengurusi pekerjaan, sebagian lagi membayangkan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di tempat wisata.

Tapi, workcation tetap bisa menyenangkan, kok. Asalkan, syarat-syarat ini kamu penuhi. Awalnya, kamu harus menghindari bahwa workoliday adalah pengganti wisata. Pandang kegiatan ini sebagai penambah atau pelengkap kegiatan liburan.

Lakukan di jadwal WFH

Meskipun pemerintah sudah tidak memberlakukan PPKM, beberapa perkantoran masih ada yang menerapkan pembagian waktu bekerja di kantor. Nah, saat kamu dapat giliran WFH, workcation baru bisa diterapkan.

Buat persiapan yang matang

Workcation lebih mudah dijalani Generasi Z, karena mereka biasanya belum berkeluarga, sehingga hidupnya lebih fleksibel dan tidak perlu banyak persiapan. Tapi, kamu yang sudah menikah juga bisa menjalani workcation ini, Caranya, buat persiapan yang sangat matang, misalnya, siapa yang akan menjaga anak-anak saat bekerja? Kapan waktu menjelajah tempat wisata? Dan sebagainya.

Pilih lokasi yang tepat

Ingat prinsip workcation, yaitu tidak sedang liburan, hanya menjalani pelengkap dari liburan tersebut. Karenanya, hindari tempat wisata impian yang penuh dengan lokasi menarik. Sebab, ada peluang kamu batal mengunjunginya karena sibuk bekerja.

Sebagai saran, tentukan tujuannya dengan cara ini:

  • Kota yang pernah kamu tinggali, jadi kamu bisa mengunjungi teman lama di waktu senggang.
  • Tempat yang tenang dan nyaman, serta punya koneksi Wi-Fi yang bisa diandalkan.
  • Tempat yang tujuan wisatanya tidak banyak, namun menarik.

Buat jadwal yang jelas

Tentukan kapan harus bekerja, beristirahat, mengunjungi tempat wisata, dan aktivitas lainnya. Rencanakan semuanya dengan matang. Walaupun terkadang tidak sejalan dengan realita, rencana itu busa mencegah kamu membuang waktu. Kamu juga tidak sekadar Pindak lokasi kerja, tetapi bisa memanfaatkan sedikit waktu untuk menjelajah.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family